12.10.12

Wow, Teknologi Indonesia Mulai Bangun dari Tidurnya!




Di tengah makin terpuruknya bangsa ini akibat tradisi korupsi di berbagai lini, terdapat lini lain yang cukup menghibur makin pudarnya kebanggaan terhadap tanah air. Yaitu dengan berbagai perkembangan teknologi, terutama di bidang teknologi pertahanan.

foto: okezone

Walau pun karya bangsa yang didengung-dengungkan paling canggih sedunia, yaitu Kapal Perang Trimaran KRI Klewang 625, yang kemudian berakhir nestapa karena terbakar, karya luar biasa ini bukanlah satu-satunya buah karya cipta anak bangsa terbaru yang cukup mengagetkan. 

Sebab, kemunculannya selain sungguh menggembirkan, juga cukup fenomenal. Betapa tidak, Indonesia sudah lama tiarap dalam soal teknologi. Bahkan yang dituding memalukan, karena selalu mengambil pesawat-pesawat dari luar, yang sebenarnya pesawat-pesawat tersebut sudah masuk kandang di negeri asalnya. 

Karena itu, tak heran jika kemunculan Kapal Perang Trimaran KRI Klewang 625, sangat membuat bangga. Buah teknologi canggih lainnya yang sudah digarap adalah Pesawat Nir Awak (Puna). Ini adalah pesawat tanpa awak yang diprioritaskan untuk keperluan sipil, yaitu untuk memantau wilayah di Indonesia. 

Pesawat ini nantinya diharapkan bisa dikembangkan untuk alat utama sistem persenjataan TNI. Penciptanya adalah Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Pesawat ini dibuat multi fungsi, dalam perang dapat digunakan sebagai pesawat Kamikaze atau pesawat bunuh diri yang ditabrakkan ke kapal perang, seperti ketika Jepang menyerang pangkalan Amerika Serikat di Pearl Harbour. 

PUNA dapat digunakan sebagai pesawat target, seperti apa yang dilakukan oleh pesawat Amerika Serikat ketika menyerang Irak. Bahkan, yang paling menarik,  karena PUNA juga bisa dimanfaatkan sebagai pesawat pembuat hujan buatan, pemetaan lokasi, dan mengatasi kebakaran di hutan, wow.

"Mulai saat ini, kita akan menyetop penelitian dan pengembangan pesawat PUNA dan kita akan memasuki pembuatan pesawat secara massal yang nantinya untuk memenuhi kebutuhan TNI, dengan membangun Skuadron PUNA," kata  Menteri Pertahanan (Menhan) Purnomo Yusgiantoro, seperti dikutip dari okezone. 

Luar biasa. Baru kali ini, saya merasakan kebanggaan yang dalam, apresiasi yang tinggi kepada para penggiat teknologi di BPPT. Semoga semakin jaya dalam berkarya demi bangsa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar