Ketika Hacker Handal Menyusup


Entah apa yang terjadi. Tiba-tiba dashboard blog saya, sudah tertanam blog baru yang bukan milik saya. Heran campur bingung, bagaimana bisa itu terjadi?

Kejadiannya tepat hari kemaren, Sabtu, 29 September 2012. Ketika bermaksud memposting tulisan, tiba-tiba muncul blog yang tak pernah saya buat. Ketika saya buka, isi dashboardnya agak lain karena tidak lengkap.

Walau begitu, relatif tidak ada masalah berarti dalam blog saya kecuali terdapat blog baru. Saya harap selanjutnya pun akan terus demikian. Lagipula, saya pikir apa menariknya blog saya. Tokh hanyalah blog biasa yang tak punya keunggulan dan kelebihan. Secara lalu lintas pengunjung juga tidak signifikan. Posisi Top Rank hanyalah sampai 1/10.

Awalnya, dulu sampai 2/0. Namun kemudian turun peringkatnya tanpa saya ketahui penyebabnya. Hal ini terjadi setelah saya penasaran mencoba memasukkan iklan. Karena mencoba adsense google sulit, terlebih karena
tak paham caranya, saya coba adsense dalam negeri.  Konon menurut referensi beberapa situs, penyebabnya adalah peletakan adsense lokal ini. Entahlah, selebihnya saya tak paham sama sekali.

Bagi saya yang penting, tetap bisa ngeblog, walau kini blog sudah tambah sepi saja penggemarnya dan level interaktifnya. Namun walau bagaimana, blog tetap menjadi favorit saya dalam menulis. Kalau sudah keluar tulisan, plong rasanya. Ya sekedar melepaskan apa yang menjadi rentetan isi kepala.

Sambil beraktualisasi, iseng-iseng kemudian saya coba-coba belajar adsense, walau tetap tak paham. Apa salahnya, tokh bisa menjadi ilmu baru. Saya sadar, penghasilan adsense susah saya dapatkan. Berhubung butuh totalitas, ya totaliyas ngeblog, juga totalitas di dalam menguasai ilmunya.  

Kembali soal hacker. Mulanya saya mencoba membenahi blognya istri, di mana blognya tiba-tiba tak bisa diakses. Ketika dibuka, yang muncul malah iklan dari Malaysia. Jadinya, blognya sudah ada yang nempati. Saya tak tahu kenapa begitu. Perkiraan saya, blognya sudah kadaluarsa, dan istri saya tidak menyadari hal itu.

Namun tiba-tiba, blog istri yang saya otak-atik itu bukannya sembuh, malah muncul di dashboard sebagai pemiliknya adalah saya. Heran, kenapa bisa jadi begitu? Apa memang ada hacker yang menyusup. Entahlah, saya tidak tahu. Kalau memang benar, berhasil disusupi hacker, berarti handal sekali hackernya. Dengan pengetahuan yang pas-pasan, bisanya cuma ngeblog saja, bagi saya ini menjadi masalah yang rumit.

Rasa-rasanya, kejadian ini mengurangi gairah menggunakan blog. Karena dengan jebolnya pasword, dan blog saya sudah bisa dimasuki, berarti juga privasi saya sebagai blogger sudah sangat terganggu. Layaknya sebuah rumah, kunci-kunci sudah ada yang menggandakan kunci, dan bisa masuk ke dalam blog saya setiap saat. Termasuk email gmailnya juga pastinya.

Kepada sang hacker, jika Anda kebetulan membaca postingan kegelisahan saya ini, saya hanya bisa berharap ketulusan Anda untuk sama-sama menata situasi dan kepentingan di dalam dunia maya yang aman dan saling menghormati. 

Saya ini hanyalah blogger dengan modal pengetahuan yang pas-pasan. Jadi pasti tak bisa berbuat apa-apa jika dihacker, kecuali berdoa, semoga Yang Maha, berkenan menjalin empati dengan Anda. Salam.

           

Komentar

Postingan Populer