Peluang Berbisnis (Adsense) di Blog


membuka blog setelah lama tak dikunjungi
ada topik menarik yang menggairahkan, 
yaitu tentang  Adsense

Ini isu lama. Tapi saya baru `ngeh` akhir-akhir ini saja. Ketika blogspot menjamur, dan Friendster terpinggirkan, saya pun tenggelam di blogspot. Interaksinya yang dinamis cukup memukau. Saat itu, seorang sepupu aktif di bisnis online.

Tapi saya belum ada perhatian. Banyak soal teknis internet yang meski berusaha diterjemahkan olehnya, tetap saja rumit saya cerna. Bertumpuk majalah, tabloid terkait bisnis online menumpuk di dalam kamarnya. Saya hanya selintas saja membaca media-media itu. Sepertinya kepala saya ini cenderung ruwet jika bicara soal teknis internet dan komputer.

Nah, ketika FB muncul, giliran blogspot yang terpinggirkan. Saya pun melupakan blog saya. Rutinitas kerja pun mendukung hal itu. Tetapi lama-lama saya rindu menengok catatan di blog. Rindu pula menulis ulang.

Waktu pertama kali membuka kembali blog, beberapa pesan datang dari mbah google tentang akan adanya pembaruan di blogspot. Saya pun menerima sejumlah catatan mengenai adsense google. Saya ingat kembali sepupu. Sekarang, dia masih sibuk dengan bisnis online-nya. Oh, ini dia yang sering dia ocehkan ketika itu.

Beberapa penjelasan si mbah ternyata membuat saya berpikir lagi. Apa salahnya jika dicoba. Pikir saya, jika saya coba dunia baru ini, malah bisa menjadi semacam spirit baru mencatat di blog. Tokh ndak ada ruginya jika tanpa hasil. Justru, mungkin bisa menjadi ajang aktualisasi diri yang menggairahkan. Tantangan tersendiri yang `cling`.

Saya memulai melakukan penelusuran. Tak diduga, banyak situs yang membicarakannya dengan gamblang. Semakin gairah saja membacanya. Tetapi tetap saja banyak istilah teknis yang susah saya cerna; semisal backlink, page rank, SEO, dan seterusnya. Meski begitu, apa salahnya saya belajar sambil lalu.

Akh, tapi ada masalah ruwet. Jika menginginkan adsense google, maka harus memiliki blog berbahasa Ingris. Karena si mbah belum menerima adsense dalam bahasa Indonesia. Meski sedikit bisa bahasa Inggris, tapi ini butuh pembaruan ulang. Sementara tak mungkin mengerjakannya dengan cepat. Tentu bisa mengganggu ritme kerja.

Dari blog seorang rekan, barulah saya temukan link mengenai adsense Indonesia. Tentu saja, saya bergembira. Seperti yang terlihat di banner iklan di kiri atas, itulah adsense Indonesia pertama yang coba saya lakukan. Dan saya sebenarnya belum sepenuhnya paham soal itu. Setelah register, kemudian saya pasang begitu saja. Kalopun ada kesalahan, saya bisa belajar sambil lalu dari kesalahan-kesalahan itu nanti. Istilahnya, menyelam sambil minum susu, hehehe

Tentu saja ini masih dunia baru bagi saya. Aktivitas blogging bisa sambil belajar bisnis di bidang yang saya cintai, yaitu menulis. Dulu, barangkali saya menulis di surat kabar dan dapat honor. Tapi sekarang, sudah susah mendapatkan mood yang sesuai. Apalagi dengan ritme deadline dadakan, yang bikin mood seketika ludes.

Melalui bisnis iklan di blog, saya pikir bisa memenuhi hobi saya menulis. Tanpa harus ruwet menunggu mood atau honor. Ya, meski tak banyak hasil nominalnya, sesuatu yang baru bila ditekuni sudah pasti menemukan hasilnya sendiri yang menjanjikan. Itung-itung, mengisi waktu dan aktualisasi diri yang semakin sulit didapat. []

Komentar

Postingan Populer