Menghidupkan Blog

Munculnya FB ternyata memiliki dampak yang signifikan pada blog saya, dan barangkali pada bloggers lainnya. Betapa tidak, berbulan lamanya saya sama sekali tidak kepikiran lagi tentang blog ini.

Alhasil, selama berbulan tersebut, saya tidak pernah menulis, meski sekedar menjenguk pun tak sempat. Maksud saya, FB benar-benar luar biasa daya gendamnya sehingga saya melupakan alam maya saya yang lain selain blogspot semisal friendster.

Memang, kelebihan FB adalah sifat dan wataknya simpel dan enteng untuk dimanfaatkan dalam banyak hal; berbagi foto, komentar, tulisan, saling cakap, bahkan untuk bertemu kawan dan doi lama sekalipun!


Inilah yang mungkin mengilhami blogspot untuk berbenah. Beberapa bulan lalu, saya teringat blog saya. Setelah saya otak-atik, ternyata ada yang beda dan menarik minat. Terutama, bagi seorang saya yang tidak memiliki kemampuan desain blog. Blogspot menambahkan kemudahan bagi blogger untuk mendesain lebih kreatif dan manis secara mandiri, dengan kemudahan memilih tampilan yang beragam.

Tentu saja, saya jadi bergairah. Meski lama saya tinggalkan, sejujurnya saya mengangeni suasana blog saya. Saya sudah memiliki tiga blog di sini: http://reportase-dadakan.blogspot.com/ , yang saya buat untuk catatan perjalanan, http://aksara-jiwa.blogspot.com/ untuk keperluan jiwa asmara, dan blog ini tentunya: http://tamam-inspirati.blogspot.com/ sebagai blog perdana yang saya buat.

Menulis di blog sebenarnya adalah urusan pribadi. Urusan pribadi agar semua luapan ungkapan tidak cuma menumpuk di benak. Urusan akan dibaca orang lain, bagi saya itu urusan lain yang berbeda.

Maka, tiga blog yang saya bikin di atas sebenarnya hanyalah catatan sambil lalu saja. Banyak hal yang ingin kita bincangkan, tetapi kita ternyata tidak banyak waktu bertemu untuk mengobrolkannya.

Seperti dikatakan Herbet Benson tentang pengobatan medis plasebo, menulis di blog bisa menjadi obat penyembuh paling efektif jika Anda sedang tidak ingin kesepian, sedang migren, atau sedang ingin sendiri. Agustus 2010.

Komentar

Postingan Populer