27.9.07

menolak KLAIM keBENARan

menolak KLAIM keBENARan

BENAR, berarti sesuatu itu terBUKTI benar. Sesuatu bisa disebut kebenaran apabila memenuhi kaidah2 yang benar tentunya. Kebenaran ada dua.

Pertama, kebenaran material.

Artinya, kebenaran BISA BENAR, apabila ada FAKTA fisik. Misalnya, untuk mengatakan ada cewek cantik berdandan di puncak gunung, maka harus datang ke sana dan menyaksikannya. Untuk membuktikan kebenaran batu itu keras, maka harus disentuh, apakah keras ataukah tidak.

Kedua, kebenaran immaterial.

Misalnya mengenai soal2 ketuhanan, integritas; kejujuran, dll. Maka, membuktikan kebenaran Tuhan itu ada ataukah tidak, hal ini harus mendasarkan pada fakta keyakinan. Seseorang yakin tuhan itu ada, maka bukti2 adalah ia cukup yakin saja. Membuktikan kejujuran dan integritas, maka diBUKTIkan dengan mengenali APA SIFAT2 keJUJURan. Bila dalam diri seseorang tidak ada BUKTI2 SIFAT jujur, maka ia itu bukan kejujuran. Semata berkeyakinan atau YAKIN itu benar dan sangat yakin itu merupakan suatu KEBENARAN, bukan berarti itu kebenaran.

Yakin dan benar memiliki tempat tersendiri.

Ia wajib didukung dengan fakta akurat, validitas material, dan bisa diterima oleh akal sehat bagi yang immaterial. Didasarkan pada realitas. BUKTI KONKRIT. Oleh karena itu, kebenaran yang benar bisa disebut benar apabila tidak memiliki kesalahan.
Apabila terdapat sesuatu yang salah, maka itu disebut keSALAHan.
Apabila kita merasa itu benar, maka itu disebut dengan PRASANGKA atau PRADUGA. Praduga adalah, apa yang dirasa-‘rasa”

Di samping itu, bagaimana pun Keyakinan tidak bisa diganggu-gugat. Sebab, yang namanya yakin ya, hanya berdasarkan terhadap “rasa”yakin saja.
Itu namanya keyakinan yang hanya berdasar “yakin”. Sehingga kebenaran yang bagus, apabila didukung BUKTI2 dari ukuran masing2 (material/immaterial)

Anda sangat yakin api itu dingin…
Tidak akan membuat sifat api yang panas menjadi dingin seperti keyakinan anda

Kalau anda menyentuh api, dan ternyata api itu panas….
Maka anda sudah mendapatkan apa yang anda cari
Yakni, KEBENARAN. Dalam filsafat, ini disebut dengan pengetahuan EMPIRIS.

Seyakin2nya anda Vina jatuh cinta pada anda
Apakah akan membuat Vina benar2 cinta?
BUKTIKAN tu….
Tetapi kenapa ya, banyak orang merasa SANGAT yakin pendapatnya adalah yang terBENAR?
TANYA KENAPA….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar